Senin, 07 Agustus 2017

Ciri-Ciri Seseorang Terinfeksi Gangguan Tiroid




Gangguan tiroid sering terjadi pada kelenjar tiroid yang ada ditubuh, letak dari kelenjar tiroid adalah dibagian sekitar leher yang lebih tepatnya adalah dibagian bawah jakun.

Gangguan pada tiroid dibagi menjdi 2 tipe yaitu :

  • Tipe 1 

Hipertiroid adalah dimana kondisi tubuh yang terlalu banyak memproduksi hormon tiroid

  • Tipe 2

Hipotiroid adalah dimana kondisi tubuh kekurangan hormon

Salah satu penyebab dari timbulnya gangguan yang terjadi di kelenjar tiroid adalah akibat pengaruh obat litium. Di bawah ini adalah gejal-gejala yang dirasakan bagi penderita gangguan kelenjar tiroid.

1. Berat Badan yang Naik Turun Secara Derastis 

Gejala yang dapat dikenali saat terjadi gangguan pada tiroid adalah terjadinya kenaikan dan turunnya berat badan secara derastis.

Berat badan naik dengan derastis itu menandakan bahwa kandungan hormon tiroid dalam tubuh rendah, sedangkan jika berat badan menurun dengan derastis itu menandakan kebalikan dari naiknya berat badan yaiti kandungan hormon tiroid yang semakin meningkat

2. Pembengkakan dibawah leher

Gejala ini mungkin bisa terlihat oleh mata karena tampak dibagian leher yang terjadi pembengkakan. Benjolan yang ada dibagian samping leher ini tumbuh karena adanya kelenjar tiroid yang meningkat dan membuat benjolan itu semakin membesar jika dibiarkan.

3. Rambut Rontok

Gejala awal yang sering terjadi adalah rambut pelahan akan mengalami kerontokan dengan secara tiba-tiba. Gejala ini bisa dipatikan bahwa hormon tiroid yang ada didalam tubuh tidak dapat berfungsi dengan baik.

4. Perubahan mood

Berubah suasana hati yang terjadi pada gejala gaganguan tiroid. Kebanyakan orang yang menderita gangguan tiroid mempunyai emosi yang berubah-ubah. Padapenderita hipertiroid gejala yang timbul adalah tubuh merasa lemah, sedangkan hipotiroid adalah sering merasa insomnia (gangguan tidur) dan juga sering merasa gelisah.

5.Kedinginan atau Kepanasan

Pada penderita hipotiroid akan merasakan perubahan suhu tubuh yang menjadi dingin, sedangkan hipertiroid meraskan perubahan tubuh yang menjadi panas.

6. Berbagai Masalah Pada Tubuh

Pada pendreita gangguan tiroid biasanya akan mengalami banyak masalah tubuh sepeti tangan dan kaki sering kesemutan, kulit menjadi kering, kuku berubah menjadi rapuh, dan tampaknya bagian kulit yang membengkak.

7. Sering Merasa Lelah

Bagi penderita gangguan tiroid kebanyakan sering merasakan kelelahan, padahal istirahat dan tidur setiap harinya sudah termasuk cukup. Saat siang hari lebih sering tidur siang bahkan tidur siangnya lebih dari satu kali dalam sehari.

8. Siklus Menstruasi Terganggu 

Bagi kaum wanita gejala yang dapat dirasakan dan paling menonjol adalah siklus menstruasi yang tidak teratur itu termaksud gejala hipertiroid sedangkan untuk gejala yang dialami penderita hipotiroid adalah menstruasi yang terjadi dan sangat menyakitkan bagi penderita.

9.  Masalah Pencernaan

Untuk gejala masalah pencernaan yang dialami hipotiroid adalah sering terjadinya sembelit yang berkepanjangan, sedangkan gejala pencernaan bagi penderita hipertiroid adalah sering merasakan diare.

10. Nyeri yang Terjadi pada Bagian Otot dan Tulang

Sering merasakan nyeri yang terjadi pada otot maupun pada tulang walaupun tidak sedang melakukan aktivitas yang berat. Nyeri otot dan juga nyeri tulang di disebabkan karena ketidakseimbangannya tiroid dalam tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar